Minggu, 04 November 2012

Puisi


MERDEKA

Aku mau bebas dari segala
Merdeka
Juga dari Ida

Pernah
Aku percaya pada sumpah dan cinta
Menjadi sumsum dan darah
Seharian kukunya-kumana

Sedang meradang
Segala kurenggut
Ikut bayang

Tapi kini
Hidupku terlalu tenang
Selama tidak antara badai
Kalah menang

Ah! Jiwa yang menggapai-gapai
Mengapa kalau beranjak dari sini
Kucoba dalam mati.

“Puisi ini menggambarkan tentang keinginan untuk merdeka oleh seorang penyair”.


PRAJURIT JAGA MALAM

Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu
Pemuda-pemuda yang lincah yang tua-tua keras
Bermata tajam
Mimpinya kemerdekaan bintang-bintangnya
Kepastian
Ada disisiku selama kau menjaga daerah yang mati ini

Aku suka pada mereka yang berani hidup
Aku suka pada mereka yang masuk menemui malam
Malam yang berwangi mimpi, berlutut debu…
Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu.

“Puisi ini menggambarkan tentang kegagahan para prajurit yang berjaga waktu itu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar